Home » » Cara Alami Menghilangkan Ketombe

Cara Alami Menghilangkan Ketombe

Cara alami menghilangkan ketombe bisa dilakukan dengan berbagai cara. Wawasanonline.com mencoba memberikan sedikit rangkuman bahan alami yang bisa menghilangkan ketombe. Ketombe seringkali membuat kulit kepala terasa gatal, dan menempel di baju sehingga mempengaruhi rasa percaya diri kita. Sebenarnya kita bisa saja menggunakan shampo anti ketombe, atau juga melakukan perawatan khusus untuk rambut, namun seringkali ketombe itu muncul kembali setelah beberapa lama menghilang.

cara alami menghilangkan ketombe

Inilah cara ampuh melawan ketombe dengan bahan alami yang kami kutip dari Times Of India.

Cuka apel
Cuka apel mengandung zat "asam" yang mampu mengubah pH kulit kepala. Dengan mengubah pH ini, maka jamur akan sulit tumbuh. Hal ini akan sangat membantu mengurangi ketombe. Penggunaan cuka untuk menghilangkan ketombe ini adalah dengan menuangkan cuka secukupnya pada telapak tangan, lalu usapkan ke kulit kepala dengan sedikit pijatan. Lakukan ini sebelum keramas, lanjutkan keramas seperti biasa. 

Baking soda
Pertama, basahi rambut kemudian gosokkan segenggam baking soda. Pijatkan secara perlahan pada kulit kepala. Diamkan sebentar, kemudian cuci sampai bersih. Jangan menggunakan shampo saat menggunakan baking soda tersebut. Baking soda mengurangi jamur penyebab ketombe.

Minyak kelapa
Minyak kelapa juga dapat digunakan untuk menghilangkan ketombe. Caranya adalah dengan memijat kulit kepala dengan 3-5 sendok makan minyak kelapa. Lakukan cara ini sebelum tidur, dan biarkan semalam. Saat bangun pagi, keramas rambut anda dengan shampo.

Lemon
Haluskan 1 buah melon dengan blender. Ambil kira-kira 2 sendok makan, lalu pijatkan pada kulit kepala. Bilas dengan air. Bersihkan rambut dengan keramas. Kemudian campurkan satu sendok teh lemon yang sudah dihaluskan tadi ke dalam segelas air dan bilas rambut dengan cairan itu setelah keramas. Keasaman lemon membantu menyeimbangkan pH kulit kepala yang membantu mengurangi dan mencegah ketombe. 

Bawang putih
Bawang putih mengandung sifat anti jamur yang sempurna untuk menghilangkan ketombe. Pijatkan campuran bawang putih dan madu ke kulit kepala, lalu bilas sampai bersih dengan keramas seperti biasa.

Itulah beberapa tips sederhana menghilangkan ketombe dengan bahan alami. Semoga artikel ini bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar