Home » » Penyebab Ketiak Hitam

Penyebab Ketiak Hitam

Ketiak hitam memang menyebalkan, terutama pada kaum hawa yang ingin selalu tampil bersih. Tetapi, ketiak hitam menjadi masalah yang wajar pada kebanyakan orang, dan tidak tergantung pada jenis kelamin ataupun lainnya. Sebelum anda mengatasi ketiak hitam anda, anda harus melihat beberapa penyebab ketiak hitam tersebut. Anda ketiak hitam anda disebabkan oleh 5 hal dibawah ini?

1. Sering bercukur
Ketika Anda bercukur, bagian pangkal yang tersisa sering membuat ketiak Anda terlihat hitam. Solusinya adalah berhentilah bercukur. Anda bisa mencoba waxing sehingga rambut dibawah permukaan kulit juga ikut tercabut.

2. Sel kulit mati
Menurut dermatologis, warna hitam pada ketiak Anda bisa jadi karena sel kulit mati yang terjebak di lekukan tubuh Anda. Solusinya adalah eksfoliasi atau scrub dengan produk yang mengandung lactic acid/asam laktat.

3. Penggunaan antiperspirant dan deodoran
Secara teori, beberapa kandungan dari produk ini bisa bereaksi dengan kulit Anda dan menyebabkan perubahan warna kulit. Beberapa orang mengklaim bahwa ketiak hitam lama kelamaan memutih ketika mereka berhenti menggunakan antiperspirant. Jika Anda masih ingin menggunakan “sesuatu”, coba beralih dari antiperspirant ke deodoran.

4. Acanthosis nigricans
Kondisi ini menyebabkan perubahan warna pada leher, ketiak atau bagian vital Anda menjadi agak gelap. Ini bisa disebabkan oleh produksi insulin atau gangguan glandular. Biasanya ini terjadi pada orang-orang yang kelebihan berat badan. Gunakan produk dengan salicylic acid untuk mengurangi warna gelap pada ketiak Anda.

5. Hiper-pigmentasi
Kondisi ini menyebabkan kulit Anda menghasilkan pigment melanin berlebihan. Jika ini terjadi pada Anda, konsultasikan kepada dokter kulit untuk perawatan lebih lanjut.

Itulah beberapa penyebab ketiak hitam yang perlu anda ketahui. Semoga tips ini berguna untuk anda.

0 komentar:

Posting Komentar