Home » » Tips Saat Ponsel Anda Kebasahan

Tips Saat Ponsel Anda Kebasahan


Tips saat ponsel terkena air bisa jadi sedang saat ini tidak anda butuhkan. Tetapi bacalah tips berikut ini untuk membantu anda menyelamatkan ponsel anda yang tidak sengaja terkena air, bisa karena anda menjatuhkannya dalam kolam, toilet ataupun terkena hujan. Jangan panik jika anda mengalaminya, lakukan tips berikut ini dengan cepat.

1. Ini adalah sesuatu yang kita akui secara umum, yaitu lepaskan baterai ponsel anda secepat mungkin. "Menahan keinginan menyalakan ponsel Anda untuk mengetahui masih berfungsi atau tidak, hanya akan memperparah keadaan," tulis Joel Johnson dari PopularMechanics.com. Keluarkan kartu subscriber identification module (SIM) yang menyimpan sebagian data kontak Anda.

2. Tujuan utama anda adalah mencoba untuk mengeringkan ponsel anda secepat mungkin tanpa merusaknya. Jika ponsel tetap basah terlalu lama akan mulai menimbulkan korosi. Jangan gunakan pengering rambut, karena terlalu panas untuk mengeringkan. Pilihlah pompa angin untuk mengeringkannya, atau taruhlah di dekat kipas angin. Anda dapat mengaturnya untuk mempercepat pengeringan tanpa menimbulkan efek panas pada ponsel.

3. Usap permukaan ponsel dengan handuk halus atau tisu toilet. Pastikan Anda mengeringkannya hingga dudukan baterai. Hindari menekan layar ponsel, karena saat basah dapat menyebabkan kerusakan itu.

4. Gunakan kaleng kedap udara, seperti yang dijual dipasaran untuk membersihkan keyboard komputer, untuk mengeringkan setiap kelembaban yang tersisa di telepon. Semprotkan udara pada ponsel sampai Anda memastikan tidak ada area yang basah.

5. Masukkan ponsel Anda dalam semangkuk beras semalaman. Beras akan menyerap kelembaban yang tersisa di ponsel anda.

6. Gunakan pompa angin untuk membersihkan ponsel dari debu padi. Pasang kembali kartu SIM dan baterai kemudian nyalakan.

7. Jika tidak berhasil, Anda bisa menegeringkan ponsel yang basah tadi di freezer. Pastikan baterai dan kartu SIM sudah dilepas. Bungkus ponsel menggunakan dua hingga tiga lapis tisu toilet. Masukkan ke dalam freezer selama sekitar 15 hingga 20 menit. Aktifkan kembali ponsel Anda. Jika tidak berhasil, artinya Anda tidak mengeringkan ponsel secepat yang diperlukan. Anda harus mengganti ponsel dengan yang baru.

Itulah beberapa tips yang bisa anda lakukan saat ponsel anda terkena air. Semoga hal ini tidak terjadi pada anda sekalian.

0 komentar:

Posting Komentar